top of page

TKU 2023: Shine Your True Color

7  Oktober 2023


Halo Manis!!


Temu Keakraban UKM atau disingkat sebagai TKU STMANIS merupakan pesta penyambutan (Welcoming Party) yang terutama bagi para anggota yang baru bergabung dalam STMANIS 2023. Acara ini bertujuan untuk menyambut dan juga memperkenalkan STMANIS kepada anggota-anggota baru. Selain itu acara ini juga mendorong adanya pendekatan relasi antara sesama anggota untuk membangkitkan kedekatan antara satu dengan yang lainnya. Acara TKU STMANIS 2023: Shine Your True Color ini diadakan di Kampus Bina Nusantara Anggrek di dalam ruangan Aula 800 lantai 8 secara offline pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023.


TKU STMANIS 2023 : Shine Your True Color ini memiliki tema yaitu colorful atau warna-warni. Tema colorful ini diangkat untuk dapat menciptakan suasana cerah meria yang kontras dan menunjukan keberagaman dan perbedaan yang indah bila digabungkan. Sesuai dengan tema, TKU 2023 ini juga memiliki karakter yang iconic sebagai maskot dengan nama Bubbly yang berupa gelembung sabun yang memiliki banyak spektrum warna yang menggambarkan keberagaman dan kebersamaan. 


Sesuai tema TKU 2023 ini yaitu colorful, acara ini memiliki sepasang MC dengan dresscode colorblock yang berperan sebagai kakak yang adik dengan nama panggilan Warna dan Warni. Acara ini dimulai pada pukul 09.55 WIB dengan menampilkan video trailer TKU 2023. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan acara atau opening disertai dengan doa bersama menggunakan adat STMANIS yaitu sambil menyilangkan tangan dan bergandengan satu sama lain. Setelah doa selesai, rangkaian acara dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan oleh PIC TKU (Esther Fania) dan Ketua STMANIS (Angelica Hana).


Agar para peserta atau anggota baru STMANIS dapat mengenal panitia sebagai bagian dari panitia TKU, dilakukan perkenalan para panitia beserta divisinya. Perkenalan dilakukan dengan cara MC memanggil nama panitia satu persatu lalu panitia yang dipanggil namanya akan berdiri dan melambaikan tangan sebagai bentuk perkenalan diri dan sambutan. 


Untuk mempererat tali keakraban dan memeriahkan acara TKU 2023 ini dilengkapi dengan sesi ice breaking. Ice breaking ini merupakan sesi untuk bermain game bersama peserta dengan tujuan untuk mencairkan suasana. Game yang dimainkan berjudul Sambung Kata. Di sini, para peserta TKU perlu menyusun sebuah kalimat menggunakan beberapa kata yang perlu dibuat di mana huruf pertama kata yang disebutkan perlu sama dengan huruf terakhir dari kata yang sudah ada.


Setelah sesi ice breaking selesai, acara kembali dilanjutkan dengan presentasi mengenai STMANIS yang dilakukan oleh  Ketua STMANIS 2023 yaitu Angelica Hana. Presentasi mengenai STMANIS ini merupakan bentuk pengenalan STMANIS kepada anggota baru. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi berikutnya mengenai acara HUT STMANIS atau perayaan ulang tahun STMANIS yang dilakukan oleh Alifyah Aisy dan presentasi mengenai LDK-A KH 2024 yang dilakukan oleh PIC KH ini sendiri yaitu Monica Valentina. Kemudian ditutup dengan presentasi PEMBES (Pementasan Besar) yang dilakukan oleh Hanny Ana Ananda selaku pimpinan produksi PEMBES 2024. Presentasi-presentasi ini merupakan pengenalan mengenai STMANIS agar anggota baru dapat memahami STMANIS ini sendiri mulai dari visi, misi, kegiatan, divisi dan masih banyak lagi sekaligus sebagai bentuk promosi mengenai event selanjutnya di dalam STMANIS ini. 


STMANIS merupakan UKM rumpun seni yang berfokus pada teater dan akting. Oleh karena itu, kami menghadirkan pementasan mini bagi para anggota baru untuk memberikan pengalaman baru mengenai teater. Sesi pementasan ini dilakukan dengan membagi para peserta kedalam lima kelompok. Setiap kelompok harus membuat naskah dan jalan cerita mereka masing-masing yang bersifat bebas sesuai dengan imajinasi dan kreativitas peserta. Setiap kelompok mendapatkan satu mentor pementasan yang bertugas untuk memberikan instruksi dan menjelaskan bagaimana cara melakukan pementasan yang benar. Pementasan mini ini juga memiliki juri untuk menilai pementasan ini melalui berbagai aspek.


Selama persiapan pementasan, peserta diberikan waktu selama 30 menit untuk mematangkan pementasan mereka, dan juga beristirahat


Setelah pementasan mini selesai dilakukan, peserta kembali diberikan waktu untuk beristirahat selama 30 menit. Setelah sesi istirahat selesai, acara kembali dilakukan dengan sesi game. Game ini terdiri dari 5 jenis permainan berbeda dengan nilai-nilai yang tersimpan di dalamnya. Untuk memainkan game ini secara kondusif peserta dibagi menjadi lima kelompok. Game ini disertai poin yang akan dihitung oleh mentor masing-masing kelompok. 


Game yang pertama adalah Easter Egg Jenga dengan nilai sopan santun yang tersimpan di dalamnya merupakan game dimana peserta harus mencari stiker Bubbly yang tersembunyi di antara kayu jenga yang ditumpuk tanpa menjatuhkan susunan jenga. Game pertama ini disertai panitia yang berperan sebagai pengganggu yang hanya akan berhenti mengganggu apabila diberitahu dengan kalimat yang sopan dan santun oleh peserta. Game kedua adalah Draw My Paper dengan nilai motivasi. Game ini merupakan game yang mengandalkan kreativitas. Peserta akan diminta untuk menggambar sebuah blue print dengan desain gambar badan secara bergantian dengan teman sekelompoknya dengan waktu yang dibatasi yakni 10 detik. Ketika kertas sudah sampai di peserta terakhir dalam anggota kelompok dan sudah selesai Digambar maka kertas akan Kembali diberikan pada anggota kelompok pertama yang menggambar untuk menjelaskan konsep dari desain blue print yang sudah digambar tersebut. Game ketiga adalah Guess Me dengan nilai solidaritas di dalamnya. Dalam game ini peserta wajib memakai penutup mata dan berdiri saling membelakangi satu sama lain. Mentor akan memberitahu peraturan dalam game ini dan tawaran apabila ada peserta yang berkhianat maka akan mendapatkan sebuah hadiah yang bersifat rahasia. Kemudian mentor akan memilih salah satu peserta untuk diberitahukan kata kuncinya. Lalu peserta tersebut harus memperagakan kata kunci tersebut ke teman di depannya. Poin akan diperoleh apabila kata kunci berhasil di tebak dan tidak ada yang berkhianat. Game yang terakhir atau game ke empat ini adalah game Acting Word dengan nilai senior dan senioritas. Dalam game ini sepasang anggota dalam kelompok akan memperagakan sebuah kasus yang diberikan oleh mentor game dan poin akan didapatkan apabila kelompok berhasil menebak apakah kasus itu termasuk senior atau senioritas. Kelompok dengan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.




Setelah game selesai, acara ini dilanjutkan dengan sesi menonton video throwback dan kemudian dilanjutkan dengan sharing session dimana peserta akan mendengarkan pengalaman yang dibagikan oleh beberapa anggota STMANIS.


Setelah sharing session berakhir, dilakukan pembagian dan pengumuman awards bagi para pemenang yaitu pemenang pementasan mini, game dan best dress



Acara TKU 2023 “Shine Your True Color” ini di tutup dengan sesi doa bersama dan sesi dokumentasi atau foto bersama seluruh peserta beserta panitia TKU.


Terima kasih bagi para peserta yang sudah bergabung dengan kami dalam UKM STMANIS ini dan menyempatkan waktunya untuk datang dan mengikuti acara TKU STMANIS 2023 ini serta para panitia yang sudah bekerja keras dalam merancang acara TKU STMANIS 2023 ini hingga dapat dilaksankanan pada tanggal 7 Oktober 2023.


STMANIS! MAKIN MANIS!!


3 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page