top of page

LDK-A KH STMANIS 2023

Updated: Aug 21, 2023


LDK-A KH STMANIS 2023: SIMPUL MERDU


LDK-A KH atau Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis Kaos Hitam merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan para calon aktivis dalam sesi kaderisasi dan latihan dasar yang mencakup perkenalan terhadap unsur utama teater, serta pengenalan terhadap birokrasi yang harus dipatuhi dalam menjalankan STMANIS sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kebersamaan, pembangunan karakter diri, dan kemampuan para anggota untuk mengambil keputusan secara lebih bijaksana. Kaos Hitam sendiri merupakan singkatan dari Kaderisasi, Organisasi, dan Pelatihan Alam. LDK-A KH tahun ini berhasil dilaksanakan selama 4 hari, yaitu 3 hari di BINUS Syahdan dan hari terakhir di Citra Alam Riverside, Bogor, Jawa Barat.


Day 1 LDK-A KH dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2023 di mana calon aktivis dibekali dengan pengenalan lebih dalam mengenai STMANIS, birokrasi kampus, dan sedikit mengenai pimpinan produksi, serta kepenulisan. Materi yang diberikan meliputi sejarah STMANIS oleh Emily sebagai Ketua STMANIS periode 2022/2023, birokrasi kampus oleh Angelica Hana sebagai Ketua STMANIS periode 2023/2024, materi sekretaris dan bendahara event oleh Anti dan Yona, kepenulisan oleh Halizah, serta materi pimpinan produksi oleh Hanny sebagai Pimpro untuk pementasan STMANIS yang ke-56, Rhythm of The Polarized.



Day 2 LDK-A KH dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2023 di BINUS Syahdan. Day 2 lebih banyak membahas mengenai unsur teater yang lebih dalam lagi. Mulai dari materi sutradara, stage manager, keaktoran, hingga divisi artistik. Ada pun materi divisi artistik yang disampaikan, meliputi musik, koreo, makeup, kostum, properti, lighting, dan properti.


Day 3 merupakan hari terakhir dari kegiatan LDK-A KH STMANIS serta highlight dari serangkaian kegiatan ini. Day 3 ini dilaksanakan di Citra Alam Riverside, Bogor. Adapun kegiatan pada hari ketiga ini adalah pelatihan alam, dan pelatihan dasar keteateran, seperti basic core dan imajinasi, serta diakhiri dengan kaderisasi yang merupakan pelantikan anggota muda untuk STMANIS 2022 dan anggota tetap untuk STMANIS 2020. Day 3 ini juga menjadi ajang bagi para aktivis untuk mempraktikkan seluruh materi yang telah disampaikan sebelumnya dalam bentuk pementasan. Pementasan ini dilakukan dalam waktu singkat guna melatih teamwork, public speaking, kreativitas, dan kepercayaan diri.


Akhir kata, LDK-A KH 2023 dapat berjalan dan selesai dengan baik. Adapun angkatan aktivis tahun ini diberikan nama Simpul Merdu yang memiliki arti dan makna yang sangat dalam. Para aktivis tahun ini diharapkan dapat menjadi satu kesatuan seperti simpul dan bisa menyuarakan pendapat dengan cara yang sopan dan baik. Selain itu, diharapkan juga aktivis dan panitia dapat menjalin hubungan yang baik, serta mampu mewujudkan kesinergisan kerja yang baik untuk memajukan STMANIS selama kepengurusan periode 2023/2024.


STMANIS, makin manis!



26 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page